Pengelolaan Konsumen PT.ASTRA International
Menurut
CEO AstraWorld, Hendry Yoga, dengan implementasi mySAP CRM, diharapkan layanan
terhadap pelanggan dapat ditingkatkan dan bisa tercipta diferensiasi kuat
dengan pesaing. "Selain itu, proses bisnis dan tugas-tugas administrasi
dapat disederhanakan," ujar Hendry.
Sementara
itu, menurut Chief Information Officer (CIO) PT Astra International Tbk, Ganda
Kusuma, sebelum mengimplementasikan mySAP CRM, AstraWorld telah
mengimplementasikan solusi CRM lain. Dengan solusi CRM tersebut, sistem tidak
bekerja sesuai dengan kebutuhan bisnis. Salah satunya dan yang paling menonjol
adalah tidak adanya integrasi, di mana hal ini bertentangan dengan prinsip
dasar CRM.
Fungsi-fungsi
mySAP CRM dapat membantu perusahaan membentuk organisasi perusahaan menjadi
customer-centric. Implementasi dan integrasi solusi mySAP CRM dengan solusi
mySAP ERP membantu perusahaan mendapatkan integrasi bisnis secara menyeluruh
(end-to-end). Selain itu, efisiensi layanan pelanggan dan respon terhadap
kebutuhan dan permintaan pelanggan juga dapat ditingkatkan.
Dengan
satu sistem yang telah terintegrasi secara penuh, AstraWorld berhasil melakukan
penghematan dengan cepat, menyederhanakan proses bisnis dan menghemat waktu
karena memangkas data entry secara manual dan mengurangi peluang terjadinya
kesalahan.
Implementasi
perdana mySAP CRM melibatkan 21 pengguna. SAP Consulting memberikan dukungan
terhadap seluruh proses yang berlangsung, dengan memadukan tenaga-tenaga ahli
lokal dan sumber daya regional. Kerja sama AstraWorld dan Corporate Information
System and Technology PT. Astra International serta SAP Consulting berhasil
menyelesaikan pemasangan perdana mySAP CRM dalam waktu enam bulan. Pengerjaan
proyek dimulai pada Januari 2006 dan pada Juni 2006 telah "go live".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar